Belajar Java : Tabel Nilai Sederhana dengan BlueJ


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Belajar Java : Tabel Nilai Dengan BlueJ - Selamat pagi sahabat Sugrahaku, pada kesempatan kali ini kita akan bertemu lagi bersama Java, karena sudah beberapa hari ini kita tidak membahas tentang java. Nah, pada kali ini kita akan membahas tentang "Belajar Java : Tabel Nilai Dengan BlueJ", dengan BlueJ ya jadi kita tidak menggunakan Netbeans yang memiliki hasil interface yang bagus, ini hanya manipulasi codingan saja. Program ini saya dapatkan dari membuka file-file lama saya saja, semoga ini bisa membantu sahabat sugrahaku.

Belajar Java : Tabel Nilai Sederhana dengan BlueJ



Dalam Belajar Java kali ini, ada perintah atau syarat atau soalnya yaitu membuat program java berdasarkan tabel, hitung nilai mahasiswa dan hitung rata-rata nilai setiap mahasiswa, tabelnya bisa sahabat sugrahaku lihat di bawah ini (klik pada gambar untuk memperbesar).


Belajar Java : Tabel Nilai Sederhana dengan BlueJ


Analisa Program Tabel Nilai Sederhana Java


Bagaimana dengan soal Java-nya? sudah mengerti bukan? kalau begitu yang harus kita lakukan adalah menganalisa persoalannya. Disini saya hanya memberikan secara garis besarnya saja, saya hanya memberikan hal-hal yang harus diperhatikan, untuk lebih lanjutnya sahabat sugrahaku bisa menganalisa sendiri. Kalau begitu ini analisa secara garis besarnya.
  • Pertama, kita diminta untuk menghitung nilai mahasiswa, berarti nilai total dari setiap mahasiswa yang artinya kita membutuhkan satu tambahan yang kita namai dengan Nilai Mahasiswa.
  • Kedua, lalu kita juga diminta untuk menghitung rata-rata nilai mahasiswa, berarti kita juga harus membuat satu kolom tambahan yang bisa kita namai dengan Nilai Rata-rata.
  • Ketiga, karena kita akan menghitung nilai tidak mungkin jika kita menggunakan S.O.P atau system.out.println jadi kita bisa menggunakan Array yang bisa menyimpan nilai sementara dari setiap mahasiswa.
  • Keempat, karena ini program sederhana jadi kita belum membuat tabel yang sangat bagus seperti saat kita menggunakan program Netbeans, jadi kita dapat memanipulasinya menggunakan perulangan for dimana kita bisa meminta bantuan simbol " = " dan " | ".


Langkah Pembuatan Pogram Java

Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum membuat programnya adalah membuat project dan file java-nya, tetapi kali ini saya langsung pada pembuatan programnya, kalau sahabat sugrahaku masih ada yang belum bisa membuat project dan file java-nya bisa sahabat sugrahaku lihat pada postingan saya sebelumnya tentang "Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ" dan "Belajar Java dari Dasar Yuk!". 

Setelah kita membuat file java pada BlueJ, maka yang harus kita lakukan adalam membuat programnya, kalau saya akan membuat programnya seperti ini. (klik pada gambar untuk memperbesar).

Belajar Java : Tabel Nilai Sederhana dengan BlueJ


itu adalah program versi saya dan teman-teman saya yang sudah membantu saya, bagaimana dengan sahabat sugrahaku? saya tunggu ya.

Output Program Tabel Nilai Sederhana Java

Dan ini adalah hasil dari program yang sudah kami buat. (klik pada gambar untuk memperbesar).

Belajar Java : Tabel Nilai Sederhana dengan BlueJ


Bagaimana sudah mengerti bukan? Saya mengharapkan kalau sahabat sugrahaku bisa membuat programnya sendiri, dan menjadikan blog Sugrahaku menjadi acuan dan membantu sahabat sugrahaku dalam membuat program java, tetapi jika sahabat sugrahaku ingin mendapatkan secara langsung program yang telah di buat bisa mendownload dengan klik tombol di bawah ini.


Baiklah saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang "Belajar Java : Tabel Nilai Sederhana dengan BlueJ" saat ini. Kalau Link diatas mati, atau jika ada pertanyaan tentang program java BlueJ ini dapat langsung sababat sugrahaku tanyakan pada kolom komentar di bawah. Saya minta maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun.
Terima Kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

Belum ada Komentar untuk "Belajar Java : Tabel Nilai Sederhana dengan BlueJ"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel