Mengenal Bahasa Komputer


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo Sahabat Sugrahaku, Bertemu lagi dengan saya Ramanda Sugraha. Pada kesempatan kali ini Sugrahaku akan membahas tentang Bahasa Komputer atau Bahasa Pemrograman atau bisa juga Programming Language. Untuk itu artikel kali ini berjudul “Mengenal Bahasa Komputer.”




Tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu marilah kita mulai pembahasan tentang Bahasa komputer atau Bahasa Pemrograman dengan pengertian bahasa komputer.

Pengertian Bahasa Komputer


Mengenal Bahasa Komputer

Bahasa komputer atau yang lebih dikenal dengan Bahasa Pemrograman (Programming Language) adalah suatu perangkat lunak atau software yang berisikan himpunan dari aturan syntax dan systematik yang digunakan untuk membuat sebuah program. Di dalam sebuah program terdapat banyak komando atau instruksi tergantung keinginan si pembuat. Jadi untuk garis besarnya, Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu program komputer.

Bahasa Komputer atau Bahasa Pemrograman (Programming Language) menggunakan kata-kata unik dan system bahasa tertentu untuk dijadikan sebagai kode untuk menjalankan suatu komando atau perintah pada komputer. Jadi, Bahasa Komputer atau Bahasa program inilah yang menjadi inti dari sebuah komputer untuk menjalankan perangkat keras. Mengapa? Karena tanpa instruksi-instruksi tadi, perangkat keras tidak akan bisa berjalan dengan baik bahkan tidak akan bekerja.

Tahukah anda? Komputer hanya mengenal angka 0 dan 1, yang disebut dengan kode mesin. Kode Mesin inilah yang berperan dalam komunikasi data dalam komputer. Manusia tidak akan mengerti jika hanya ada angka 0 dan 1. Bayangkan jika kita berkomunikasi dengan sesama manusia menggunakan angka 0 dan 1. Misalnya, untuk mengucapkan “Tolong Panggilkan Ambulance !” saja sudah sulit, keburu tewas korbannya. Maka dari itu, diciptakanlah bahasa Kommputer atau bahasa Pemrograman.

Sejarah Singkat Bahasa Komputer atau bahasa Pemrograman


Sejarah Komputer mencatat, bahasa komputer atau bahasa pemrograman pertama kali dikenal sejak penemuan komputer digital pada tahun 1940-an. Berkembangnya bahasa Komputer atau bahasa Pemrograman dimulai dengan bahasa Assembly yang mengiringi perkembangan komputer untuk keperluan komersial pada tahun 1950-an. Bahasa Komputer atau bahasa Pemrograman pertama kali dibuat adalah Formula Translation atau yang lebih dikenal dengan “FORTRAN”. Bahasa FORTRAN ini di buat oleh John Bacu pada tahun 1950-an hingga 1960-an. Bahasa FORTRAN ini dulu bermanfaat didalam dunia pencatatan akutansi dan perbankan.

Jenis-jenis Bahasa Komputer atau bahasa Pemrograman


Pada dasarnya bahasa komputer atau bahasa pemrograman terdiri atas 3 bagian, yaitu :

1. Bahasa Mesin (Machine Language)

Bahasa Mesin atau Machine Language adalah bahasa yang hanya mengenal angka 0 dan 1 atau bilangan biner. Perintah dalam bahasa mesin hanya terdiri dari bilangan biner, dan berfungsi untuk memberikan informasi kepada komputer untuk memproses suatu data.


2. Bahasa Assembly (Low-Level Language) 

Bahasa Assembly atau Low-Level Language adalah bahasa komputer tingkat rendah yang digunakan untuk membantu memori untuk mengingat data berupa informasi. Bahasa Assembly atau Low-Level Language terdiri atas kode-kode yang sistematis, juga terdapat alamat simbolis yang ada hubungannya dengan perintah pada bahasa mesin atau Machine Language.


3. Bahasa Tingkat Tinggi (High-Level Language)

Bahasa tingkat tinggi atau sering disebut dengan High Level Language adalah suatu bahasa komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu program tertentu. Bahasa ini berisikan instruksi atau perintah perintah yang dibuat lebih mendekati bahasa manusia. Mengapa dirancang sedemikian? Mudah saja, agar lebih mempermudah kita dalam memahami, mempelajari, dan membuat program komputer. Akan tetapi, pada bahasa tingkat tinggi atau High Level Languange dibutuhkan compiler yang berfungsi untuk menterjemahkannya kembali ke bahasa mesin, sehingga komputer dapat melaksanakan perintah dengan baik. 


Nah, itulah sedikit pembahasa tentang Mengenal Bahasa Komputer. Sekarang sudah kenal belum? Betapa senangnya jika kita bisa membuat program sendiri, dikenal banyak orang, dapat menghasilkan uang dari program yang kita buat. Menarik bukan? Maka dari itu, mulailah mengenal, mencintai, dan menghargai Teknologi agar kita bisa menjadi seperti yang kita inginkan kelak. Teknologi akan terus berkembang, bahasa Pemrograman atau bahasa Komputer pun akan terus berkembang, program-program baru yang bermutu mulai tersebar. Semoga nantinya kita menjadi salah satu yang bisa memberikan program-program yang bermutu dengan mulai mengenal, mencintai, dan mengembangkan Bahasa Pemrograman atau bahasa Komputer.


Itulah sedikit yang bisa Sugrahaku sampaikan, bila ada salah kata saya mohon maaf kepada Tuhan saya mohon ampun.
Terima kasih, Salam teknologi

Ramanda Sugraha
Owner

8 Komentar untuk "Mengenal Bahasa Komputer"

  1. wah nice info kk :D bermanfaat banget . hehe

    kalaw ada waktu berkunjung yah ke http://agenggg.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Hahaha, makasih gan..
    sering-sering berkunjung ya..

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak sudah mau share ilmu-nya ke pada kita semua.
    Artikel ini sangat luar biasa gan, sangat bermanfaat semoga kebaikan agan di balas oleh allah SWT.
    sekali lagi terimakasih gan, di tunggu artikel berikutnya. salam blogger "Samsoftware-Cyber"

    BalasHapus
  4. sampai sekarangpun masih digunakan contohnya menentukan ip address dengan subneting lalu gerbang logika pada robotik, dll.

    nice infonya gan,,,,

    BalasHapus
  5. waah, agan aditia lebih ngerti dibanding saya sendiri :v

    makasih gan :D

    BalasHapus
  6. nice infoh gan....
    kebetulan saya lagi nyari artikel-altikel tentang belajar bahasa pemrogaman.
    kalo agan berkenan saya pengen tau step-step nya untuk belajar bahasa pemrogaman,maklum gaptek gan...hiks..hiks...

    BalasHapus
  7. bahasa pemrograman kan ad banyak gan, agan mau belajar bahasa apa?

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel