Validasi Inputan Angka Pada Java

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hallo sahabat Sugrahaku, apa kabar? Baik bukan? pastinya baik. Sebelumnya kita sudah belajar dan membahas tentang "Belajar Switch Case Pada Java". Nah Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Validasi Inputan Angka Pada Java". Kenapa harus Java lagi? Karena memang Sugrahaku diperuntukkan untuk membahas tentang bahasa Java. Ayo langsung saja kita bahas.


Apa itu Validasi?

Validasi adalah sebuah tindakan untuk menganalisa, memastikan atau mengkonfirmasi bahwa apa yang telah dilakukan telah sesuai. Pada java validasi digunakan untuk mengkonfirmasi atau memastikan inputan yang dimasukkan telah sesuai dengan apa yang diinginkan. Misalnya kita membuat sebuah inputan yang diharuskan berisikan angka, maka kita harus mem-validasinya, jika tidak maka apabila user memasukkan inputan selain dari angka, program tetap berjalan padahal tidak sesuai dengan sesungguhnya. Java memang serba bisa bukan? 

Bagaimana Caranya?

Caranya cukup mudah, sebelum itu mari kita siapkan alat belajarnya :

Java --> DOWNLOAD
BlueJ --> DOWNLOAD

lalu, setelah alat belajar siap. Maka ini adalah gambaran Kodenya :




Jika dijalankan maka :






Bagaimana? mudah bukan? sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan, akan tetapi ini adalah salah satu caranya. jadi, kembangkanlah code java diatas sesuai keinginan teman-teman.

Kalau teman-teman malas untuk mengetik ulang bisa men-download dibawah ini :
Source Code --> DOWNLOAD 

Baiklah Saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini. Kalau masih bingung silahkan ditanyakan pada form komentar. Jika ada kesalahan saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun. 
Terima Kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

9 Komentar untuk "Validasi Inputan Angka Pada Java"

  1. iya gan, makasih udah ngunjungin sugrahaku :D

    BalasHapus
  2. Mau tanya gan,dari contoh di atas bagaimana cara membuat package di BlueJ??
    Mohon pencerahannya.Makasih :-)

    BalasHapus
  3. oh itu, kalau package bisa langsung klik kanan saja di kotak yang berisi dengan file java, lalu pilih yang ada tulisannya package nanti tinggal isi namanya, jadi deh :)

    BalasHapus
  4. Maaf gan masih belum faham, yang di maksud kotak yang berisi file java itu Apakah satu folder saat pertama kali buat project ??
    Mohon pencerahanya, soalnya saya masih newbe.
    Makasih sebelumya.,

    BalasHapus
  5. Bang klo inputannya pke JTextField gmn??

    BalasHapus
  6. di bagian if, itu tinggal ubah jadi variabel nomor jadi nama_jtextfield.getText()

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel