9 Alasan Keren Mengapa Kita Harus Banyak Tersenyum

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo sahabat sugrahaku, bertemu lagi dengan saya ramanda sugraha selaku admin di sugrahaku. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas tentang sebuah motivasi dengan judul "9 Alasan Keren Mengapa Kita Harus Banyak Tersenyum". Ada banyak makna di balik sebuah senyuman maka dari itu mari kita bahas kali ini, semoga apa yang saya berikan dapat bermanfaat untuk sahabat sugrahaku sekalian.

Sebelum itu mari kita lihat, artikel keren lainnya :



Apa sih Senyum itu?

9 Alasan Keren Mengapa Kita Harus Banyak Tersenyum

Sebelum kita lebih lanjut membahas tentang alasan keren mengapa kita harus banyak tersenyum, sebaiknya kita mengetahui, apa arti dari sebuah senyum atau apa sih senyum itu?
Senyum adalah sebuah ekspresi yang terjadi akibat gerakan ujung bibir yang digunakan untuk merespon sesuatu yang lucu atau menggemaskan, akan tetapi sebenanarnya lebih dari itu.

Tahukah sahabat sugrahaku, studi menjelaskan tersenyum yang dipaksakan atau tidak, dapat memberikan efek terhadap mood kamu, bisa mengurangi stress yang ada, dan bisa membuat orang yang berada di dekat kamu merasa nyaman. Itu sebuah kabar gembira bukan, hanya dengan gerakan yang simpel kita bisa mendapatkan efek yang luar biasa.

Bagaimana Caranya Senyum?

Jika masih ada yang bertanya tentang ini, sebenarnya saya juga bingung bagaimana caranya harus menjelaskan tentang hal ini, karena sebenarnya sebuah senyuman tanpa harus kita pelajari kita sudah bisa tersenyum sejak kita baru lahir. Secara Teoritis, senyuman hanyalah gerakan simpel pada ujung bibir dengan menggerakkannya kekiri atau kekanan atau kekiri dan kekanan, dan juga sedikit gerakan pada daerah mata dan sekitarnya. 

Tetapi, untuk mengekspresikan sebuah senyuman yang menawan haruslah keluar dari ketulusan hati yang terdalam. Biasanya ekspresi ini keluar secara spontan ketika kita bahagia atau merasakan sesuatu yang lucu atau menggemaskan.

Tahukah sahabat sugrahaku, sebuah senyuman bukan hanya keluar ketika kita bahagia tetapi juga sebaliknya, yaitu juga bisa membuat kita bahagia. Jadi untuk yang suka stress atau sedih banyak-banyaklah tersenyum.

9 Alasan Keren Mengapa Kita Harus Banyak Tersenyum

Sudah penasaran bukan? Baiklah mari kita bahas tentang 9 Alasan Keren Mengapa Kita Harus Banyak Tersenyum, beserta manfaatnya. 

1. Senyum itu Menular

Percaya tidak percaya senyum itu bisa menular loh, seperti yang sudah di jelaskan diatas, senyuman itu bisa membuat kita bahagia. Mengapa kita bisa ketularan untuk tersenyum? hal itu disebabkan oleh aktivitas kompleks dari otak yang terjadi ketika melihat seseorang tersenyum. Studi menjelaskan bahwa hanya dengan melihat seseorang tersenyum dapat mengaktifkan area otak yang mengontrol gerakan wajah sahabat sugrahaku yang bisa membuat sahabat sugrahaku tersenyum. Masih belum percaya juga? Coba sahabat sugrahaku tersenyum dengan seseorang contohnya saja, teman, pacar, orang tua, pasti beliau akan membalas senyuman teman-teman.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa, hanya dengan senyum pada seseorang berarti kita sudah menularkan kebahagian kita. Sangat menarik bukan?

2. Senyum bisa mengurangi Stress dan Cemas

Memang benar tetap tersenyum ketika sedang berada di situasi stress itu sangat sulit. Akan tetapi studi menjelaskan bahwa seyum ketika stress memiliki manfaat dalam kesehatan kita. Jadi begini, ketika kita sudah pulih atau bebas dari situasi yang stres, orang yang tetap tersenyum ketika stress memiliki tingkat gagal jantung yang rendah dibandingkan dengan ekspresi wajah yang netral. 

Jadi, berusahalah untuk tetap tersenyum dalam situasi apapun agar mengurangi sakit jantung.

3. Senyum dapat Mengeluarkan Endorphins

Sebuah senyum bisa membantu sahabat sugrahaku untuk mengontrol stress dan cemas dengan melepaskan hormon endorphins. Apa sih Hormon Endorphins? Hormon Endorphins adalah sebuah hormon yang bisa membuat seseorang merasa senang. Hormon ini dikeluarkan oleh otak pada saat sakit atau stress, dan merupakan obat penghilang rasa sakit bagi tubuh. Endorphins juga di dapatkan dari saat kita bekerja atau jalan-jalan.

Jadi, banyak-banyaklah tersenyum untuk mengurangi rasa sakit atau stress.

4. Akan Terlihat Lebih Menarik

Dengan selalu terlihat tersenyum menunjukkan sahabat sugrahaku memiliki kepribadian yang easy going, ramah, empati, dan lain-lain. Bahkan sebuah penelitian yang berada di Journal of Social Psychology, menemukan bahwa seseorang yang murah tersenyum benar-benar membuatnya lebih menarik dibandingkan dengan mereka yang sulit tersenyum. 

Jadi, tidak perlu harus kesalon tiap hari untuk terlihat menarik, cukup hanya dengan tersenyum.

5. Akan Lebih Mudah Didekati

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang akan lebih ingin berteman dengan orang yang mudah tersenyum. Karena senyum adalah ekspresi wajah yang memberitahukan bahwa ia bersedia untuk berbicara dan berinteraksi.

Jadi, untuk sahabat sugrahaku yang ingin punya banyak teman, cobalah untuk banyak tersenyum.

6. Senyum dapat Menguatkan Sistem Imun

Sebuah senyuman bisa membuat sistem imun sahabat sugrahaku lebih kuat dengan lebih banyak memproduksi sel darah putih yang melawan virus, bakteri, dan sebagainya yang menyebabkan penyakit. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak sakit yang dikunjungi dengan seseorang yang bisa membuatnya tersenyum atau tertawa memiliki jumlah sel darah putih lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak. 

Jadi, saat sakit pun banyak-banyaklah senyum dan tertawa.

7. Senyum Membuatm Lebih Dipercaya

Kepecayaan tidak bisa datang dengan mudah, akan tetapi sebuah senyuman bisa membuat sahabat sugrahaku lebih dipercaya. Sebuah studi juga menemukan bahwa seseorang yang murah tersenyum lebih dapat dipercaya daripada mereka dengan ekspresi wajah yang sulit untuk tersenyum.

Jadi, jika sahabat sugrahaku ingin meningkatkan kedibilitas, cukup hanya dengan tersenyum. Adakah yang lebih mudah dari pada itu?

8. Akan Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik

Jika sahabat sugrahaku dalam posisi menjadi pemimpin, atau teman-teman ingin menjadi seorang pemimpin, tersenyum bisa membantu sahabat sugrahaku. Karena senyum adalah kunci dari keberhasilan sahabat sugrahaku. Seperti yang saya sebutkan diatas, senyum membuatmu lebih dipercaya, jadi pemimpin yang murah tersenyum akan dipercaya oleh bawahannya. Dan sekelompok peneliti dari University of Montpellier menemukan bahwa senyum adalah teknik kepemimpinan yang lebih efektif dibandingkan dengan mereka yang memiliki tanggung jawab besar manajemen.

Jadi ketika ingin menjadi pemimpin yang baik, tersenyumlah.

9. Senyum akan Membuatmu Lebih Nyaman

Seperti yang sudah banyak saya sebutkan diatas, dengan hal-hal tersebut seperti bisa membuat kita bahagia, mempunyai banyak teman, dipercaya semua orang, dapat melepaskan hormon endorphins. Segala hal tersebut bisa membuat diri kita nyaman.

Jadi buat apa lagi kita merasa cemas? Cukup hanya dengan tersenyum kita akan merasa lebih nyaman.

Seperti kata Rasul bahwa Senyum adalah Ibadah, jadi bukan hanya untuk ibadah tapi bisa membuat kita menjadi lebih baik. Dan seperti yang kita tahu, Senyum adalah jalan mudah untuk lebih sehat, dan meningkatkan mood sahabat sugrahaku, terlihat lebih dipercaya, dan pemimpin yang baik. Ketika sahabat sugrahaku berada dalam situasi stress atau rapuh, cukup tarik otot-otot wajahmu dan paksa untuk untuk tersenyum dan rasakan setiap kebahagian dan manfaat yang menagalir ke tubuh sahabat sugrahaku. Jadi, jangan pernah meragukan kekuatan dari sebuah senyuman, tetap senyum dan jalankan aktivitas positifmu.

Baiklah, saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang "9 Alasan Keren Mengapa Kita Harus Banyak Tersenyum" saat ini. Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk sahabat sugrahaku. Saya mohon maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun.
Terima kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

2 Komentar untuk "9 Alasan Keren Mengapa Kita Harus Banyak Tersenyum"

  1. Bener tuh klo kita senyum trus berpapasan sama orang, secara refleks orang tersebut akan tersenyum juga :D

    Senyum itu memeang menular :D hahahha

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel