8 Tips Mempelajari Teknologi Baru


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Tahukah anda? Kita hidup dimasa yang sangat menarik. Dengan biaya pendidikan yang begitu murah. Dimasa ini juga sudah banyak perubahan yang signifikan, yaitu perubahan dalam memperoleh ilmu pendidikan dimana ruang kelas yang dulunya hanya tatap muka antara guru dan murid, kini guru tidak perlu sulit-sulit menjelaskan karena adanya bantuan alat yang dinamakan Teknologi. Namun pada masa ini, sebagian besar masyarakat banyak belum bisa menggunakan teknologi tersebut. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang "8 Tips Mempelajari Teknologi Baru”.

Pada kesempatan kali ini yang saya jelaskan adalah tentang software atau perangkat lunak, akan tetapi saya yakin 10 tips ini berlaku pula untuk teknologi yang lainnya.

8 Tips Mempelajari Teknologi Baru

1. Mengatasi Inersia



Untuk belajar sesuatu yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengatasi inersia pada diri kita. Inersia disini adalah suatu keadaan pada diri kita untuk tidak meninggalkan posisi ternyaman yang telah kita dapatkan. Contohnya, ketika kita ingin mengambil Remote TV, tapi romote tersebut, letaknya jauh dari kita. Ada beberapa teknik sederhana yang dapat membuat kita termotivasi dan bersemangat. Salah satunya adalah Tiny Habits atau Kebiasaan Kecil. Dari pada pusing berfikir, lebih baik mengambil langkah kecil dan melakukan sesuatu untuk memulai. Seperti, menggerakkan jari-jarik kaki, kemudian tubuh dibungkukkan ke depan, lalu dorong tubuh anda jauh dari sofa. Selanjutnya, cobalah untuk jatuh ke lantai dan akhirnya bangun mendekati remote. Dengan mengikuti serangkaian langkah-langkah kecil tersebut, anda bisa mengatasi Inersia tersebut dan apa yang anda lakukan tidak akan tampak seperti biasa. Ide gila ini dapat anda terapkan  untuk mempelajari teknologi baru. 

Ini semua tentang Langkah-langkah Kecil, Motivasi, dan Berfikirlah dari sudut pandang yang berbeda.


2. Melihat Proses


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apa yanga harus kita pelajari terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat anda lebih bergairah, dan memiliki minat yang tulus dalam mempelajari lebih lanjut. Dalam mempelajari hal baru Sangat penting untuk memiliki rasa ingin tahu yang kuat, karena hal ini yang akan menjadi motivasi anda pada saat anda mulai bosan. Setelah anda memutuskan apa yang harus anda pelajari, baik itu bahasa pemrograman, hacking, dan lain-lain. Anda dapat mempelajarinya di YouTube, HackerNews, Blog, website, bahkan teman-teman atau kerabat terdekat anda. 

Melihat dan mempelajari apa yang telah dilakukan orang lain akan memberikan keyakinan bahwa anda juga bisa melakukannya !


3. Biarkan Informasi Mengalir



Setelah meyakinkan diri sendiri tentang apa yang harus ada pelajari. Sekarang saatnya menjadi Spons dan memulai untuk menyerap pengetahuan. Dimulai dengan beberapa pencarian pada mbah Google terkait dengan topik yang berhubungan dengan teknologi yang ingin anda pelajari. Informasi bisa kita dapatkan dimanapun tidak hanya dengan Google, informasi bisa kita dapatkan dari buku-buku yang dibaca, menanyakan pada orang yang ahli, dan berdiskusi di forum-forum.

Informasi itu tidak sedikit, berfikirlah dengan sudut pandang yang berbeda untuk mendapatkannya.

4. Melihat, Mendengar, dan Catat



Ketika anda mempelajari lebih dalam tentang teknologi, anda membutuhkan banyak informasi. Informasi tersebut dapat kita dapatkan dari manapun. Tetapi, saya sarankan untuk Melihat, Mendengar, dan Mencatat. Mengapa? Karena jika hanya mendengar dan melihat suatu saat kita pasti lupa, jika hanya mendengar dan mencatat, kita tidak tahu harus memulai dari mana. dan lebih baik lagi jika anda les private atau belajar dengan orang yang ahli pada bidang tersebut.

Melihat, Mendengar, dan Catat! Maka Ilmu yang anda peroleh akan menjadi 100%

5. Time For Action


Baiklah, anda sudah membaca tutorial yang tidak terhitung jumlahnya, video yang ditonton, seminar yang selalu dikunjungi, dan pemahaman yang baik dari teknologi yang ingin anda pelajari. Sekarang Bagaimana? Nah, Sekarang saatnya mempatkan semua pengetahuan yang anda dapatkan untuk test. Pada akhrinya, cara terbaik untuk belajar adalah dengan Action.
Membuat sebuah penelitian pribadi untuk mempelajari teknologi baru ini adalah salah cara terbaik. Ada saatnya nanti anda akan menemukan suatu hambatan. Ketika hal ini terjadi, solusinya adalah Mencari dan Memperbaiki. Ada banyak tempat anda untuk bertanya, Teman adalah tempat untuk berdiskusi yang baik, setelah itu Google, dan banyak lagi. Semakin banyak kegagalan yang anda temui, anda akan menjadi lebih baik. Mengapa? Karena dari kegagalan tersebutlah kita mendapatkan pengalaman, sangat jarang kita akan melakukan kegagalan yang sama ditempat yang berbeda. Ada pepatah yang mengatakan, "Para Ilmuan adalah orang yang Paling Banyak Membuat Kesalahan." artinya, mereka telah mencoba hal-hal gila dan mendorong batas-batas teknologi. Pada Akhirnya, mereka memperoleh pemahaman yang mendalam tentang cara kerjanya. Dengan pemahaman tersebut, mereka mampu menakhlukkan teknologi tersebut sesuai keinginannya.
The Best way to Learn is By Doing

6. Menulis


Ketika anda sudah memulainya, sangat baik dan disarankan untuk mencatat langkah-langkah yang telah anda lalui selama dalam mempelajarinya. Mecatat bisa anda lakukan pada buku harian atau sebagainya bahkan Blog. Blog adalah bentuk sederhana yang paling populer dikomunitas teknologi. Bila anda meletakkan pena untuk pelajaran adan, anda akan memaksa diri anda untuk lebih konsentrasi. Siapa tahu dalam prosesnya, tidak hanya anda yang belajar, tetapi semua orang yang membaca juga ikut akan mempelajarinya. 
Jika anda mengambil langkah sebagai seorang penulis, anda bisa membuat tulisan yang disukai oleh semua orang anda dapat memperoleh sesuatu yang diluar dugaan anda sendiri. Mengapa? Jika kita memberikan ilmu yang berguna bagi seseorang, suatu saat nanti Tuhan pasti akan membalasnya. Intinya, blogging dapat membantu membangun keterampilan anda dalam berkomunikasi, yang berguna dalam mempelajari teknologi.

Menulis juga dapat membantu membangun keterampilan Komunikasi Anda.

 7. Membaca


Bacalah sebanyak-banyaknya hal yang terkait dengan teknologi yang ingin anda pelajari. Dengan demikian, anda dapat mempelajari berbagai hal, misalnya seperti :

  • Bagaimana untuk Menggunakannya
  • Bagaimana Mencari solusinya
  • dan lain-lain.
Semua ilmu dan pengetahuan ini hanya menunggu untu dimakan. Menariknya anda hanya dituntu untuk memiliki rasa curiosity atau rasa ingin tahu.

8. Belajar Berkonsentrasi


Ini adalah inti dari semuanya, konsentrasi. Jika anda tidak berkonsentrasi untuk mempelajarinya, semua hal yang anda lakukan akan sia-sia. Maka dari itu belajarlah berkonsentrasi, ada banyak cara bahkan kursus agar anda dapat berkonsentrasi dengan baik.

Konsentrasilah dalam melakukan sesuatu untuk mendapatkan hasil yang Maksimal

Baiklah, itu sedikit pembahasan tentang "9 Tips Mempelajari Teknologi Baru" yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang ingin sahabat Sugrahaku tanyakan dapat ditanyakan pada kolom komentar. Bila ada kesalahan saya mohon maaf kepada Tuhan saya mohon ampun. Untuk Sahabat Sugrahaku, Belajar Bahasa Pemrograman Java dari Dasar Yuk!! atau bisa klik disini.

Terima Kasih, Salam Teknologi   :D

Ramanda Sugraha
Owner


14 Komentar untuk "8 Tips Mempelajari Teknologi Baru"

  1. ide brilian nih patut ditiru..artikelnya inspiratif banget :)

    BalasHapus
  2. iya, terima kasih atas komentar dan kunjungannya :)

    BalasHapus
  3. Wah, inspiratif banget nih...
    Kayaknya Ibu saya perlu saya ajari ini. #eh.

    BalasHapus
  4. hahaha, benar tuh..
    print dan kasih aja ke ibu biar beliau mau belajar :)

    BalasHapus
  5. menarik mas tipsnya, bermanfaat.
    point no 8 kayaknya susah bagi saya, wkk..
    salam sukses selalu, terima kasih

    BalasHapus
  6. terima kasih mas, saya juga agak susah di point 8. Terlalu bnyak pikiran padahal masih muda dan ganteng :D

    BalasHapus
  7. Teknologi gak ada habis nya gan, tiap tahun ada aja yang baru.. :)

    salam :
    http://danforblogg.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Wuih, info nya sangat bagus dan sangat inspiratif. :>)

    kunjungi balik gan http://belajarblogleski.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Wah terima kasih gan, kunjungan balik telah meluncur :D

    BalasHapus
  10. Pastinya, makanya jangan sampai ketinggalan sob :D

    BalasHapus
  11. wah makasih bos, sangat membantu infonya, apalagi poin yang pertama

    BalasHapus
  12. Syukurlsh kalau membantu, terima kasih :D

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel