Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo sahabat Sugrahaku, apa kabar kalian semua? Saya harap semuanya baik-baik saja, jangan sampai ada yang sakit. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lanjutan dari tulisan saya sebelumnya, masih mengenai PHP dan Codeigniter. Akan tetapi kali ini saya akan membahas tentang "Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3". Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana caranya, akan tetapi saya tertarik untuk membahasnya karena mungkin saja masih ada yang mengetahuinya. Kalau begitu mari langsung saja.

Bagaimana Cara Menjalankan Codeigniter ?

Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3

Sebelum kita memulai tutorial kali ini ada baiknya dulu sahabat sekalian mengetahui apa itu Codeigniter. Bagi sahabat sekalian yang belum mengetahuinya, bisa langsung klik tombol dibawah ini untuk memahami apa itu Codeigniter.


Oh ya, jangan lupa untuk men-download framework Codeigniter yang ada dihalaman tersebut. Kalau begitu mari kita lanjutkan tutorial-nya.
Agar bisa menjalankan Codeigniter, kita harus menginstall beberapa tools, seperti web serverm php, dan lain sebegainya. Berikut adalah tools yang saya gunakan dalam menjalankan Codeigniter.

Tools yang digunakan

  1. Xampp ( Download )
  2. Notepad++ ( Download)
  3. Codeigniter ( Download)
Download seluruh tools yang sudah saya sebutkan diatas. Kemudian install Xampp dan Notepad++ , tingkal next-next saja kok, bagi yang bingung bagaimana menginstallnya bisa langsung tanyakan pada form komentar dibawah. Setelah selesai menginstall tools diatas, mari kita lanjutkan tutorialnya ke langkah selanjutnya.

Mengaktifkan Aphace dan  MySQL

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Apache dan MySQL, disini apache digunakan untuk web server lokal, jadi kita tidak perlu membeli hosting atau meletakkan website kita nantinya di hosting, akan tetapi default-nya ini hanya bisa diakses dengan komputer kita saja. Kemudian MySQL disini digunakan untuk database kita nantinya, Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya? Sangat gampang sahabat sugrahaku, tinggal buka aplikasi Xampp yang sudah kita install sebelumnya, tampilannya seperti dibawah ini.

Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3

Kemudian tinggal klik tombol START pada Apache dan MySQL, maka tampilannya akan menjadi seperti berikut ini.

Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3

Sangat gampang bukan? Kalau begitu kita lanjutkan pada langkah selanjutnya. Yaitu bagaimana menggunakan Codeigniter.

Bagaimana cara menjalankan Codeigniter ?

Untuk menjalankan Codeigniter, kita harus melakukan langkah-langkah diatas terlebih dahulu. Kemudian, extract Codeigniter di C:\xampp\htdocs. Kalian bisa mengganti nama folder yang sudah di extract menjadi apa saja, tapi jangan gunakan spasi karena akan sulit dijalankan nantinya. Misalnya pada saat ini saya ganti nama folder Codeigniter menjadi 'sugrahaku'.

Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3

Kemudian langkah terakhir yaitu membuka browser yang kalian gunakan. Saya rasa sahabat sekalian pasti punya browser bukan? Setidaknya internet explorer atau EDGE. Disini saya menggunakan Chrome. Kemdian ketik di URL brower kalian 'localhost/sugrahaku', sugrahaku disini sesuaikan dengan nama folder yang kalian gunakan. Maka tampilannya akan menjadi seperti berikut ini.

Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3

Dengan begini Codeigniter berhasil dijalankan. Untuk tutorial lebih lanjut silahkan kalian pantengin terus blog Sugrahaku - www.sugrahaku.com.

Baiklah, mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian. Saya mohon maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun. Terima Kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

Belum ada Komentar untuk "Cara Super Mudah Menjalankan Codeigniter 3"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel