Cara Gampang Menghilangkan index.php pada Codeigniter

Cara Gampang Menghilangkan index.php pada Codeigniter - Pada saat pertama kali melihat url menggunakan framework codeigniter, selalu muncul kata "index.php" di url browser seperti localhost/sugrahaku/index.php/home, padahal pada saat kita melakukan link kita tidak pernah memasukkan kata index.php. Dulu dalam benak saya berfikir, ada tidak ya cara gampang mengilangkan index.php pada codeigniter ? dan setelah saya mencari dan bertanya kesana kesini, akhirnya saya mendapatkan solusinya. Berikut akan saya jelaskan secara detail agar teman-teman dapat mengerti dan memahaminya.


Persiapan Menghilangkan index.php pada Codeigniter

Sebelum kita memulai tutorial menghilangkan index.php pada codeigniter ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Adapun yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.
  1. Install Xampp sebagai local server (jika sudah lewatkan)
  2. Kenalan dengan Codeigniter (bisa membaca artikel berikut : Kenalan dengan codeigniter yuk ! - klik)
  3. Membaca artikel saya sebelumnya tentang Cara Cepat Membuat Login dengan Codeigniter (klik)
Mungkin ada yang bertanya kenapa pada poin ke-3 saya menyarankan untuk membaca artikel saya sebelumnya, hal itu dikarenakan kita akan mengambil contoh kasus dari artikel tersebut yaitu tentang cara membuat login. Tetapi itu hanya saran saya saja, agar teman-teman dapat lebih memahami tentang tutorial kali ini.

Tutorial Menghilangkan index.php pada Codeigniter

Setelah teman-teman menyiapkan semua persiapan diatas, sekarang adalah saatnya saya menjelaskan caranya. Pertama-tama, kita buka root directory atau folder login (codeigniter kalau pertama kali buat). Kemudian buatlah file dengan nama ".htaccess" tanpa tanda kutip, seperti gambar berikut ini.


Note : Perhatikan bahwa file ini dibuat tanpa ekstensi apapun, dan menggunakan tanda titik (.) diawal kata. Jika teman-teman tidak bisa membuat file .htaccess, pertama-tama buatlah file .htaccess.txt kemudian buka cmd (Start > CMD) kemudian ketik "rename C:\xampp\htdocs\login\.htaccess.txt .htaccess" tanpa tanda kutip.

Setelah itu, buka file .htaccess tersebut dan isi dengan script berikut ini, jangan lupa di-save.
RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Saya akan mencoba menjelaskan apa fungsi dari script yang kita buat di file .htaccess, semoga dapat dipahami.


RewriteEngine On

Syntax tersebut berguna untuk memberi tahu sistem bahwa kita mengaktifkan fungsi RewriteEngine.


RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

Syntax tersebut digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap suatu kondisi.


RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Nah kalau yang ini berfungsi untuk mengalihkan atau redirect permintaa URL ke file index.php, jadi dengan menggunakan ini kita tidak perlu lagi menulis ataupun melihat "index.php" dalam URL.

Eiits, belum selesai loh, sekarang kita akan melakukan pengaturan terhadap index page website kita. Setelah itu teman-teman buka file config.php yang berada di application/config/config.php, kemudian cari tulisan seperti berikut ini.


$config['index_page'] = 'index.php';

Lalu ubah menjadi seperti berikut ini.
$config['index_page'] = '';

Sekarang mari kita coba jalankan melalui, localhost/login kemudian isikan username dan passwordnya "admin" tanpa tanda kutip. Lihat apa yang terjadi :

Sebelum



Sesudah


Mungkin hanya ini tutorial yang dapat saya sampaikan tentang "Cara Gampang Menghilangkan index.php pada Codeigniter". Jika teman-teman bingung, tidak mengerti, atau ada hal yang ingin ditanyakan, bisa langsung tanyakan pada kolom komentar, secepatnya akan saya jawab. Sekian dari saya, terima kasih.

1 Komentar untuk "Cara Gampang Menghilangkan index.php pada Codeigniter"

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel