Bahasa Java?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Sahabat Sugrahaku. 
Bertemu lagi dengan saya Ramanda Sugraha. Pada pagi yang menangis atau hujan ini Sugrahaku akan membahas Mengenai Bahasa Java. Bahasa Java berbeda dengan bahasa Jawa lho.  Untuk itu judul artikel kita hari ini adalah "Bahasa Java?"
Kita mulai dahulu dengan mengenal apa itu Bahasa Java.



Apa sih Bahasa Java itu?



Bahasa Java dengan Bahasa Jawa itu berbeda lho. Bahasa Jawa adalah bahasa yang berasal dari Jawa. Sedangkan. Bahasa Java adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program dan merupakan salah satu jenis dari Bahasa Pemrograman tingkat tinggi atau High Level Language. Bahasa Pemrograman, apa itu? Banyak yang belum tahu ya? jika teman-teman belum tahu, bisa dilihat di halamn "Mengenal Bahasa Komputer" kok. Bahasa Java memiliki sifat yang berbeda dari bahasa pemrograman lainnya, ia memiliki sifat multiplatform yaitu bahasa yang dapat dijalankan diberbagai komputer termasuk telpon genggam atau yang sering di sebut dengan HP. Bahasa Java ini berorientasikan objek atau OOP. Disini Objek yang dimaksud adalah apapun yang ada pada Bahasa Java adalah Objek, jadi dapat memudahkan programmer untuk mengembangkan, membuat, maupun mendesain program dengan lebih mudah dan tergolong cepat. Pernah dengan "Write Once, Run Anywhere"? itu adalah slogan dari java loh. Maksudnya adalah Tulis Sekali, Jalankan dimanapun, oleh karena itu java dikenal bersifat multiplatform, bisa menjalankan programnya dimanapun, hebat bukan?

Sejarah Singkat Bahasa Java


Bahasa Java
diciptakan pada tahun 1991 oleh James Gosling. James Gosling adalah developer dari Sun Microsystems. Bahasa Java ini banyak di buat oleh syntax yang terdapat pada Bahasa C++. Tetapi, pada Bahasa Java model syntax dibuat lebih sederhana. Maka dari itu jangan terkejut apabila nantinya kita membuat program Java, C++ ada kemiripan. Pasti pada bertanya-tanya, Mengapa bahasa ini dinamakan Bahasa Java? jadi, bahasa Java ini diambil daru kopi murni yang digiling langsung dari biji kopi tubruk yang sangat disukai oleh James Gosling. Tahukah anda? Konon katanya kopi ini berasal dari pulau Jawa lho. Intinya, bahasa Java ini tidak lain adalah diambil dari kata Jawa, dimana Kata Jawa pada bahasa Inggris adalah Java.

Apa sih Kelebihan Bahasa Java?


Ada banyak lho kelebihan yang membuat programmer lebih mudah mempelajarinya. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut.

1. Multiplatform
Seperti yang disebutkan diatas tadi, Multiplatform yaitu dapat dijalankan dimanapun diberbagai sistem operasi (Operating System) seperti, Windows, Linux, MACintos, dan berbagai operating sistem lainnya termasuk juga dengan telpon genggam atau HP.

2. OOP (Object Oriented Programming)
Object Oriented Programming disingkat OOP adalah Bahasa pemrograman yang berorientasikan oleh Objek. Jadi OOP atau Object Oriented Progrmming dapat memudahkan programmer pemula maupun mahir untuk mengembangkan sebagai developmen, membuat program, maupun mendesain program dengan lebih mudah dan tergolong cepat. Disini Java juga dapat dikatakan sebagai bahasa pemrograman yang berbasis objek secara murni lho.

3. Perpustakaan Kelas yang Lengkap
Yang dimaksud dengan Perpustakaan (Library) adalah kumpulan dari program-program yang dikutsertakan dalam bahasa java. Jadi, Library atau perpustakaan ini sangat memudahkan dalam penggunaan untuk membangun, membuat, maupun mengembangkan  sebuah aplikasi. Ditambah lagi dengan komunitas-komunitas yang menyukai Bahasa Java, membuat perpustaan-perpustakaan baru untuk melengkapi seluruh kebutuhan agar lebih mempermudah dalam membuat maupun mengembangkan sebuah program.

4. Bergaya Mirip C++
Bahasa Java juga memiliki syntax yang mirip dengan bahasa C++. 

5. Gerbage Collection Mechanism
Gerbage Collection Mechanism adalah Bahasa Java memiliki fasilitas pengaturan  dalam penggunaan memori. Jadi, para programmmer tidak perlu susah-susah melakukan pengaturan memori secara langsung seperti bahasa C++ yang menggunakan  memori secara luas.

Bagaimana? apakah teman-teman sudah tertarik untuk mencoba membuat sebuah program dengan bahasa java? Ini menarik sekali loh. Jika teman-teman kebingungan, kita bisa belajar sama-sama dengan cara berkomentar di form komentar dibawah, nanti kita diskusikan bersama.

Baiklah, itulah sedikit pembahasan tentang "Bahasa Java?" yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang ingin Sahabat Sugrahaku tanyakan dapat ditanyakan pada kolom komentar. Bila ada kesalahan saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun. Apabila Sahabat Sugrahaku masih bingung dengan Bahasa Pemrograman bisa melihat halamamn "Mengenal Bahasa Komputer".
Terima Kasih, Salam Teknologi

Ramanda Sugraha
Owner

13 Komentar untuk "Bahasa Java?"

  1. wah ada info java nih, ane baru saja mulai kuliah pemrograman java, lumayan dapet info awal :D

    BalasHapus
  2. sip gan, semangat untuk kuliahnya.

    BalasHapus
  3. nice post kk jadi banyak tau nih tentang pemrograman berbasi java hehe

    comen back ke http://aldenherdiana.blogspot.com

    BalasHapus
  4. terima kasih telah berkunjung :)

    BalasHapus
  5. ane kurang ngerti bahasa java ane ngeritnya bahasa indonesia dan inggris :D :v
    salam blog walking

    BalasHapus
  6. Maka dari itu, marilah kita belajar :)

    BalasHapus
  7. Waduch, bahasa pemprogaman.
    Bahasa paling tinggi ntu.
    Mohon bimbingannya gan.

    BalasHapus
  8. Ditunggu postingan selanjutnya tentang Java.
    Saya sudah baca untuk Postingan Java yang terbaru, dan menunggu postingan lainnya.
    Terimakasih ilmunya. :)

    BalasHapus
  9. Makasih gan atas infonya tentang java,,,dapet tambahan pengetahuan

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel