Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hallo sahabat sugrahaku, berjumpa lagi dengan saya Ramanda Sugraha. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ". Sebelum saya melanjutkan pembahasan kali ini ada baiknya teman-teman membaca juga postingan saya sebelumnya, saya mengharapkan semoga postingan tersebut bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian, khususnya buat pengunjung setia sahabat Sugrahaku. Silahkan di nikmati.
  1. Vizzy.us Safety URL Monetize
  2. Pohon Angsana si Pohon Peneduh

Baiklah langsung saja pembahasannya.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Pertama-tama untuk memulai, sebaiknya teman-teman membaca postingan saya yang ini : Belajar Java dari Dasar Yuk!! karena disana terdapat penjelasan dasar tentang java, blueJ dan sebagaiknya. Dan juga dalam pembuatan program java menggunakan BlueJ, sudah sudah harus mendownload gratis dan menginstall software bernama BlueJ dan juga pogram java, sesuaikan dengan spesifikasi komputer teman-teman ya. bisa teman-teman download disini.
Java --> DOWNLOAD
BlueJ --> DOWNLOAD

Cara Membuat Class pada BlueJ


Setelah semua berhasil di download, di install dan di jalankan maka silahkan teman-teman membuka program blueJ. Maka tampilan halaman utamanya sebagai berikut.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Selanjutnya kita membuat sebuah project dengan cara tekan Project -> New Project.. Lalu buat nama project yang akan kita gunakan untuk membuat program java nantinya, misalnya /BlueJ seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Setelah project dibuat maka akan menampilkan halaman seperti berikut ini.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Setelah project dibuat maka barulah kita bisa membuat program java dengan menambahkan suatu class dengan cara klik pada button New Class.. yang ada di sebelah kiri atas lalu setelah muncul halaman seperti dibawah buatlah nama untuk class-nya misalnya belajar. Maka akan menampilkan halaman seperti berikut ini.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Setelah selesai membuat class, maka akan ada sebuah file class yang mcuncul dengan nama belajar. Lalu, silahkan teman-teman klik 2x file class tersebut dan akan memunculkan tampilan seperti di bawah ini, dan silahkan teman-teman buat program java seperti posting-postingan saya sebelumnya.

Cara Membuat Package pada BlueJ

Selanjutnya saya akan membahas tentang cara membuat package pada BlueJ. Sebelum itu teman-teman sudah tahu apa itu Package? kalau belum, ini Penjelasannya.
Package adalah suatu cara untuk mengatur atau memanage class-class yang sudah kita buat. Jadi, dengan menggunakan package class-class yang kita buat akan dibagi menjadi beberapa kategori dan lebih terlihat teratur.

Sebenarnya dalam pembuatan package hampir sama saja dengan pembuatan class pada blueJ. Baiklah langsung saja. Pertama-tama klik kotak tempat file java berada, lalu pilih new package... Ctrl+R seperti gambar dibawah ini.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Lalu setelah di klik, akan muncul jendela seperti berikut. Lalu tuliskan nama package yang akan dibuat misalnya Pelajaran.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


 Maka akan menjadi seperti berikut ini.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Buka package "Pelajaran" dengan cara klik 2 kali pada Pelajaran. Lalu silahkan teman-teman membuat class seperti tutorial sebelumnya.

Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ


Dan akhirnya package pada BlueJ selesai dibuat, dan dapat dibuat program java didalamnya. Bagaimana mudah bukan?

Baiklah saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang "Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ", kalau ada yang masih bingung bisa ditanyakan di kolom komentar di bawah. Saya mohon maaf jika ada kesalahan kepada tuhan saya mohon ampun. 
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Terima Kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel