Pohon Angsana si Pohon Peneduh

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hallo sahabat sugrahaku, bertemu lagi dengan saya Ramanda Sugraha. Sebelumnya saya sudah membahas tentang Vizzy.us Safety URL Monetize. Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pohon, lebih tepatnya tentang pohon Angsana yang biasanya disebut dengan pohon peneduh. Sudah tahu tentang pohon angsana? Pasti banyak yang belum kan, maka dari itu saya akan membahasnya pada kesempatan kali ini.


Kenalan dengan Pohon Angsana yuk!


Pohon Angsana si Pohon Peneduh

Pohon Angsana adalah pohon yang berasal dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), dengan nama latinnya yaitu pterocarpus indicus wild. Pohon ini memiliki kayu yang berkualitas tinggi, kayu yang dihasilkan dari pohon Angsana keras, kemerah-merahan, dan sangat rimbun. Oleh karena itu Pohon angsanga sering disebut dengan Pohon Peneduh. 

Tahukah teman-teman? Pohon Angkasa dapat tumbuh tinggi hingga 40 meter dan geman mencapai sekitar 350 cm atau 3,5 meter. Daun dari pohon angkasa majemuk menyirip gasal, dengan panjangnya sekitar 12-30 cm, dengan panggal bundar dan ujunya meruncing. Warna daunnya hijau terang, gundul, dan tipis. Pohon angkasa memiliki bunga berwarna kuning yang berkelopak serupa lonceng, dengan harum semerbak. Dan juga pohon angkasa memiliki buah polong bunda pipih, di kelilingi sayap yang tipis seperti kertas. Buahnya ketika masak akan berwaba kecoklatan.

Dari yang kita ketahui sebelumnya pohon angsana memiliki kerimbunan daun, sehingga pohon angsana sering dibuat sebagai peneduh di jalan, akan tetapi sudah sangat sedikit dijumpai dijalanan sekarang. Tahukah teman-teman? Pohon Angsana mempunyai kemampuan mengikat nitrogen yang dapat memperbaiki kesuburan tanah di sekitarnya. Akan tetapi pohon ini memiliki batasan juga, oleh karena itu kebanyakan pohon ini mati atau rubuh, banyak hal yang menyebabkan pohon angsana rubuh atau mati. Misalnya, pohon angsana tidak bisa lagi membendung atau menyerap karbon dioksida yang ada diudara karena sudah terlalu berlebihan, dan juga karena ada pengusaha atau pedagang nakal yang sengaja meracuni pohon angsana agar pohon angsana rubuh atau mati, hal tersebut dilakukan agar mengganggu usaha mereka. 

Pohon Angsana si Pohon Peneduh

(Source : flickr)

Angsana, pohon peneduh ini merupakan pohon yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Akan tetapi untuk kesempatan kali ini saya hanya memperkenalkan teman-teman dengan pohon angsana si peneduh ini.

Sepertinya cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang pohon angsana. Saya minta maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun. Selamatkan Tumbuhan!
Terima Kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner




(source : dari berbagai sumber)

Belum ada Komentar untuk "Pohon Angsana si Pohon Peneduh"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel