Codeigniter 4 Rilis ! Bagaimana Cara Menggunakannya?

Codeigniter 4 Rilis ! Bagaimana Cara Menggunakannya?

Halo, selamat datang di sugrahaku.com. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sesuatu yang baru. Sudah lama sih tapi kali ada update terbaru. Apa itu? ya benar Codeigniter 4. Setelah sekian lama akhirnya Codeigniter 4 rilis! Tahukah kalian? Codeigniter 4 rilis bertepatan dengan tanggal ulang tahun James Parry (tanggal 24 Februari) sebagai salahsatu instruktur di BCIT School of Computing and Academic Studies yang akan memimpin proyek pengembangan Codeigniter yang baru-baru meninggal karena kanker paru-paru. Tidak seperti sebagian besar framework lainnya yang menggunakan dukungan komersial, Codeigniter 4 dalam pengembangannya menggunakan sukarelawan untuk membantu framework ini berkembang dan bisa melalui semua tantangan untuk akhirnya rilis ke versi 4.

Apa sih Codeigniter 4?

Codeigniter 4 adalah sebuah framework yang digunakan untuk pembangunan sebuah web menggunakan Bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor). Dengan menggunakan codeigniter kamu tidak perlu repot-repot harus membuat kode dari awal, jadi membangun sebuah web akan lebih mudah dan cepat. Codeigniter menyediakan berbagai macam library dan fungsi yang lumayan banyak, yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang umum dengan menggunakan code dan logika sederhana untuk mengaksesnya. Codeigniter mempunyai core yang mudah diperpanjang bahkan diubah untuk bisa bekerja seperti yang kita inginkan.

Codeigniter 4 sangat tepat untuk kita yang :
  • Membutuhkan framework yang digunakan untuk small footprint
  • Membutuhkan framework yang mempunyai Performance yang luar biasa
  • Membutuhkan framework yang tidak perlu banyak dan repot tentang konfigurasi
  • Membutuhkan framework yang tidak membutuhkan Command Line
  • Membutuhkan framework yang code-nya fleksibel
  • Tertarik dengan library monolitik layaknya PEAR
  • Menghindari sesuatu yang rumit dan mendukung solusi sederhana
  • Membutuhkan dokumentasi yang jelas dan mudah dipahami

Jika iya kamu adalah orang yang cocok untuk menggunakan Codeigniter 4. Ayok kita coba! tapi sebelum itu ada beberapa kebutuhan yang wajib terpenuhi. Apa itu?

Lihat juga :

Syarat Minimal Server

Ada beberapa syarat yang harus kita penuhi untuk menggunakan Codeigniter 4 ini. adapun syarat yang harus ada di server kita adalah sebagai berikut.
  1. PHP minimal versi 7.2 atau yang paling baru, dengan ekstensi "intl" terinstall
  2. ekstensi "php-json, php-mbstring, php-mysqlnd, php-xml" harus aktif atau terinstall
  3. Harus menginstall libcurl terlebih dahulu untuk menggunakan CURL Request
  4. Database yang didukung saat ini adalah
  • MySQL versi 5.1 atau lebih baru
  • PostgreSQL
  • SQLite3
  • CUBRID
  • ODBC

Bagaimana Menggunakan Codeigniter 4 ?

Untuk menggunakan atau menginstall Codeigniter 4 ada 3 (tiga) macam cara yang bisa digunakan, yaitu menggunakan cara manual, menggunakan composer, dan menggunakan Git. Apa sih bedanya?
  • Jika kamu suka cara yang simpel tinggal download dan jalankan seperti Codeigniter 3, gunakanlah cara manual. Tinggal kunjungi situs codeigniter dan download Codeigniter 4.
  • Jika kamu berencana untuk menggunakan paket dari pihak ketiga (third party package) ke dalam projectmu maka gunakanlah cara install menggunakan composer
  • Jika kamu ada kepikiran untuk berkontribusi untuk framework ini, maka cara instalasi menggunakan Git adalah pilihan yang tepat. Tetapi, yang perlu kita ketahui bahwa menggunakan Git tidak cocok untuk pengembangan aplikasi, tetapi lebih kepada konstribusi ke framework codeigniter itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menggunakan Codeigniter 4, menggunakan cara manual. Bagi kalian yang tidak mau repot untuk menggunakan Codeigniter 4, ini adalah cara yang paling tepat. Tidak perlu banyak pengaturan yang harus dilakukan sebelum instalasi.
  1. Buka situs website Codeingiter untuk mendownload Codeigniter 4. (Klik Disini)
  2. Unzip paket yang sudah di download dan letakkan di dalam server atau htdocs jika menggunakan server lokal.
  3. Ganti nama folder sesuai dengan projectmu, kita misalkan ci4.
  4. Mainkan! eh maksudnya jalankan dengan membuka browser dan gunakan link : localhost/ci4/public
Dan taraaa! Codeigniter selesai dijalankan, hasilnya akan seperti berikut ini.
Codeigniter 4 Rilis ! Bagaimana Cara Menggunakannya?

Tips Tambahan ! 

Jika kamu ingin meningnkatkan security atau keamanan dengan menyembunyikan lokasi file project yang sedang kamu kembangkan, kamu bisa mengubah nama dari folder System dan Application menjadi nama lainnya agar lebih private. Setelah itu buka file index.php pada folder Public dan set variabel $system_path dan $application_path yang berada dibagian atas code menjadi nama folder yang sudah dibuat sebelumnya.

Bagaimana? sangat mudah dan keren bukan. Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan pada saat ini. Jika ada yang belum kalian  pahami dan ingin tanyakan, bisa langsung menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Berikan kritik dan saran yang membangun agar sugrahaku.com bisa menjadi lebih baik kedepannya. Terima Kasih

Belum ada Komentar untuk "Codeigniter 4 Rilis ! Bagaimana Cara Menggunakannya?"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel