Mudah! Belajar Install Codeigniter 4 Menggunakan Composer


Mudah! Belajar Install Codeigniter 4 Menggunakan Composer

Halo, sahabat sugrahaku.com, setelah sebelumnya saya membahas mengenai rilisnya Codeigniter 4 beserta dengan bagaimana cara install Codeigniter 4 menggunakan cara manual, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Codeigniter 4 menggunakan Composer. Jangan mengaku programmer PHP masa kini kalau belum mengenal yang namanya Composer. Sebelum kita belajar bagaimana cara install Codeigniter 4 menggunakan Composer, ada baiknya kita kenalan dulu dengan yang namanya Composer.

Baca juga :


Apa dan Mengapa Menggunakan Composer?

Composer adalah sebuah program atau aplikasi yang digunakan untuk manajemen dependensi PHP. Jadi, dengan menggunakan Composer, kita tidak perlu lagi ribet dengan yang Namanya mendownload library satu persatu secara manual, kan capek dan menghabiskan waktu. Tidak hanya mendownload tapi juga ketika ingin meng-update library tersebut. Cukup dengan mengubah isi dari composer.json, jalankan perintah composer update pada command line untuk mengupdate semua library yang terdapat pada project yang sedang kita kembangkan.

Bagaimana Cara Menginstall Composer?

Cara install Composer itu sangat mudah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara install composer menggunakan windows. Cara sangat mudah yaitu :
1. Buka browser yang kalian gunakan misalnya chrome.
2. Lalu, download installer Composer di https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe
3. Jalankan file aplikasi yang sudah di download tersebut, next terus hingga finish.
4. Selesai! Mudah bukan
Untuk meyakinkan lebih lanjut, coba kalian buka cmd (command prompt) dengan cara tekan windows+R pada keyboard, lalu ketik CMD. Setelah jendela CMD terbuka, ketik dan jalankan perintah berikut :
composer -v
Jika tampilan yang keluar adalah seperti berikut ini, berarti kalian sudah sukses menginstall composer.  Kalian luar biasa!

Cara Mudah Install Codeigniter 4 menggunakan Composer

Setelah selesai dengan menginstall composer sekarang saatnya kita kembali ke pembahasan awal, yaitu menginstall Codeigniter 4 menggunakan Composer. Kelebihannya jika kita menggunakan Composer adalah kita akan langsung mendapatkan update terakhir dari Codeigniter 4 dengan hanya sekali enter tanpa harus mendownload manual seperti tutorial yang saya jelaskan sebelumnya. Cara ini sangat cocok untuk kalian yang ingin memulai mengembangkan project menggunakan Codeigniter 4. Lalu bagaimana caranya?
Sebelum itu pastikan kalau sudah menginstall PHP dan ekstensi “intl” pada php.ini sudah sudah dalam kondisi enable.
1. Buka CMD (tekan windows+R lalu ketik CMD) 
2. Ketik cd C:/ pada command line (contoh : kita akan menginstall Codeigniter 4 pada directori C )
3. Kemudian setelah pindah ke directori C, ketik composer create-project codeigniter4/appstarter ci4 maka pada direktori C akan terbuat secara otomatis folder ci4 yang berisikan framework Codeigniter 4.
4. Selesai! 

Hanya itu begitu saja cara menginstall Codeigniter 4 menggunakan Composer, bagaimana mudah bukan? Lalu bagaimana caranya kalau ada update terbaru dan kita ingin mengupdate versi dari Codeigniter kita? Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan masuk ke dalam folder project yang kita buat sebelumnya, kemudian pada CMD ketikkan “composer update”, dan composer akan otomatis mengupdate project Codeigniter kita. Kalau begitu selanjutnya adalah bagaiamana cara menjalankan Codeigniter 4. Yuk disimak sekali lagi bagaimana cara untuk menjalankan Codeigniter 4. 

Cara Mudah Menjalankan Codeigniter 4

Berbeda dengan versi Codeigniter sebelumnya, pada versi 4 ini terdapat 2 (dua) cara yang bisa kita gunakan untuk menjalankannya, yaitu dengan cara :

Menjalankan Codeigniter 4 dengan Local Development Server

Codeigniter 4 hadir dengan local development server. Apa itu local development server? local development server adalah server web yang ada pada php, jadi Codeigniter 4 memaksimalkan fungsi tersebut untuk membuat Codeigniter dapat dijalankan dengan baik. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, yaitu pada project yang sudah kita buat sebelumnya, buka kembali CMD disana dan jalankan perintah :
php spark serve
Maka akan tampil seperti berikut ini

Jika sudah sesuai dan tampilannya seperti diatas, hasil tersebut akan mengaktifkan server local, dan sekarang kita bisa melihat project yang sudah kita buat dengan menggunakan browser dengan masuk pada link : http://localhost:8080/ seperti gambar berikut ini.

Mudah! Belajar Install Codeigniter 4 Menggunakan Composer


Gampang bukan? Mari kita lanjut dengan cara kedua, cekidot!

Menjalankan Codeigniter 4 dengan Local Server pihak ketiga

Pada penjelasan kali ini kita akan belajar menjalankan Codeigniter 4 dengan local server pihak ketiga. Caranya sangat gampang, berikut penjelasannya.
1. Copy/cut folder ci4 yang sudah kita install melalui composer.
2. Kemudian masuk ke folder htdocs (jika menggunakan xampp) atau folder www (jika menggunakan wamp)
3. Pastekan folder ci4 yang sudah di copy sebelumnya di folder htdocs
4. Kemudian jalankan menggunakan localhost seperti biasanya : localhost/ci4
5. Selesai!
Keren! Belajar Install Codeigniter 4 Menggunakan Composer


Bagaimana sangat mudah bukan belajar install Codeigniter 4 menggunakan composer? Apa lagi sudah di tambahin dengan cara menjalankannya. Jadi, jangan bosan untuk kunjungi terus blog sugrahaku. Kalau ada yang belum paham atau ada yang ingin ditanyakan bisa bertanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "Mudah! Belajar Install Codeigniter 4 Menggunakan Composer"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel