2 Cara Mudah Menghilangkan Public dari URL Codeigniter 4

2 Cara Mudah Menghilangkan Public dari URL Codeigniter 4

Setelah kita membahas cara install Codeigniter 4 menggunakan composer, pasti kurang menarik dan keren ketika di URL pada web yang sedang kita bangun terdapat kata "public". Hal ini juga akan membuat masalah ketika kita mengupload web yang sudah kita bangun ke dalam hosting atau webserver. Oleh karena itu, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagamana cara menghilangkan public dari URL di Codeigniter 4 dengan cara yang sangat mudah.

Cara Menghilangkan Public di Codeigniter 4

Ada fakta menarik bahwa tidak seperti pendahulunya di codeigniter 3, pada codeigniter 4 tidak perlu lagi mengatur index.php. Jadi jika ingin, kita cukup menghilangkan public pada URL dan ternyata, untuk menghilangkan kata public di codeigniter 4 sangatlah gampang, caranya cukup 2 langkah mudah, yaitu :

Langkah Pertama

Yang pertam yang harus kita lakukan adalah masuk ke folder Public yang ada di project Codeigniter 4 mu, kemudian cut file index.php dan .htaccess setelah itu masuk ke Folder root atau folder projectmu kemudian paste kedua file tersebut seperti gambar dibawah ini.
2 Cara Mudah Menghilangkan Public dari URL Codeigniter 4

Langkah Kedua

Setelah itu, buka file index.php ubah path yang ada didalamnya dengan cara cari variabel "$pathPath" kemudian ubah nilainya menjadi seperti berikut.

$pathsPath = FCPATH . '../app/Config/Paths.php';
menjadi
$pathsPath = FCPATH . 'app/Config/Paths.php';
Untuk lebih jelasnya coba lihat gambar dibawah ini.
Setelah semua selesai, jangan lupa di simpan, maka ketika dijalankan hasilnya akan menjadi seperti berikut ini.
Sangat mudah bukan? dengan tutorial diatas, dipastikan public pada url di codeigniter 4 akan menghilang.Jangan bosan untuk selalu mengunjungi sugrahaku, dan temukan tutorial-tutorial menarik dari kita. Jika ada kesulitan silahkan tanyakan pada kolom komentar insyaallah akan saya balas jika saya mampu. Terima kasih, salam sukses!

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Mudah Menghilangkan Public dari URL Codeigniter 4"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel