Skill yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Programmer

Apakah kamu ingin menjadi seorang Programmer ? Sebelum menjadi programmer ada beberapa yang harus kamu kuasai, terutama bahasa Inggris. Karena setiap adanya ERROR kode saat kamu membuat suatu Program maka notifikasi ERROR tersebut bukanlah bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. 

Beberapa skill lainnya yang harus dimiliki oleh seorang Programmer adalah Logika, Algoritma, dan juga Matematika. Nah siapa nih diantara kalian yang memiliki nilai MTK yang kecil ? Saya adalah salah satunya, asal mau belajar kita pasti bisa.

Saat kita kuliah dan mengambil jurusan TI maka akan banyak membahas tentang matematika, logika, dan juga algoritma. Namun ini tidak terlalu dibutuhkan ketika kamu belajar di teknologi tertentu. 

Di kesempatan kali ini sugrahaku akan memberikan artikel kepada kalian mengenai skill yang wajib dimiliki oleh seorang Programmer.

Skill apa sih yang Wajib Dimiliki Oleh Programmer

Ada beberapa skill yang harus kamu kuasai jika kamu ingin menjadi seorang Programmer yang handal, diantaranya adalah sebagai berikut : 

Bahasa Inggris

Kenapa kok harus bahasa Inggris ? Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, bahwa kita harus mengerti ketika terjadinya ERROR saat membuat sebuah program. Dengan kamu bisa menggunakan bahasa Inggris, maka akan membantumu lebih mudah untuk : 

  1. Membaca dokumen
  2. Memahami pesan Error
  3. Bertanya di forum Global
  4. Belajar di web luar
  5. Dan masih banyak yang lainnya.

Tetapi pada zaman sekarang walaupun tidak begitu mahir berbahasa inggris kita bisa memanfaatkan teknologi seperti google translate dan lainnya untuk membantu kita mengatasi masalah ini.


Membaca Dokumentasi

Skill kedua yang wajib dimiliki oleh seorang Programmer adalah bisa membaca sebuah dokumentasi, karena tanpa ini kita tidak akan tau cara memprogram. Dokumentasi yang dimaksud disini adalah dokumen yang menjelaskan tentang cara penggunaan suatu teknologi, yang biasanya ini sangat sulit untuk di pahami.

Kenapa kok sulit untuk di pahami ? 

  1. Karena dokumen ini dikemas dengan bahasa teknis yang sangat membosankan untuk di baca.
  2. Menggunakan bahasa Inggris.


Membaca Source Code

Mungkin menurut kalian membaca source code itu mudah, IYA MUDAH bagi yang sudah Profesional dan kita yang membuat sendiri. Namun bagi kita yang masih masa pembelajaran maka akan sedikit susah untuk membaca source code tersebut.

Ada beberapa tips yang pernah saya dengar ketika membaca sebuah source code itu : 

  1. Membaca dari bawah lalu ke atas
  2. Baca yang kamu pahami terlebih dahulu
  3. Baca keterangan pada komentarnya
  4. Sering sering main di Github

Baca Juga :

Debugging

Nah yang satu ini banyak sekali yang sudah profesional pun akan kewalahan ketika mencari bug yang ada di program kita. Dinamakan bug ini, karena dulu sejarahnya ada seekor bug atau serangga yang menempel pada mesin komputer yang membuat komputer tersebut tidak bisa digunakan lagi (dalam masalah) hingga sampai saat ini kata Bugs ini sendiri masih sering digunakan.


Asking and Searching with Google

Nah ini adalah skill yang paling dan sangat harus kalian pelajari dan pahami, karena rata-rata programmer dipastikan mempunyai skill penting ini. Disaat kita buntu dan tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika menemukan error saat debugging cara satu-satunya adalah bertanya dan searching di google, kenapa? Karena rata-rata orang sudah mengalaminya dan sudah menemukan bagaimana solusinya. Tinggal ketikkan kata kunci yang tepat di google dan akan keluar solusi yang tepat untuk masalah yang kita alami. 

Nah itulah beberapa skill yang harus dikuasai oleh para programmer. Jika kamu ingin menjadi seorang programmer skill skill tersebut harus kamu kuasai agar lebih mudah dalam mengejakan sebuah program. Menurut kamu apa lagi sih skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang Programmer? Tulis dikomentar ya!

Belum ada Komentar untuk "Skill yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Programmer"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel