Bahasa Pemrograman yang Sering Digunakan Oleh Web Developer

Bahasa Pemrograman yang Sering Digunakan Oleh Web Developer

Apakah kamu memiliki mimpi untuk menjadi seorang Web Developer ? Jika iya, kamu harus mengetahui beberapa bahasa pemrograman yang sering di pakai oleh seorang Web Developer itu sendiri. Siapa yang tidak tau Web Developer ? Web Developer ini adalah seorang yang memiliki hubungan dengan pembuatan suatu webiste, dan seorang web developer ini menciptakan aplikasi yang berbasis web yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Tugas dari seorang Web Developer ini sendiri adalah penghubung dari seluruh sumber daya yang dibutuhkan oleh suatu website itu sendiri.
Web Developer, Web Designer dan Web Master ini memiliki pengertian dan tugas yang berbeda beda. Nah jika kamu ingin menjadi seorang Web Developer, berikut beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh seroang Web Developer.

Bahasa Pemrograman Untuk Web Developer

Ada beberapa macam bahasa pemrograman yang sering dipakai oleh seorang Web Developer, diantaranya adalah sebagai berikut :

HTML (Hypertext Markup Language)

HTML ini adalah bahasa pemrograman yang akan menyusun konten yang bisa kita lihat di halaman web. HTML ini berperan sebagai penopang struktur website. Bahasa pemrograman yang satu ini sangat mudah untuk dipelajari, bahkan bagi mereka yang baru mengenal bahasa program ini sekalipun. Hal ini disebabkan karena HTML menggunakan bahasa yang sangat human friendly karena sama seperti struktur tubuh yang ada pada manusia. Akan tetapi Bahasa pemrograman PHP ini tidak bisa bekerja sendiri. Jika hanya menggunakan HTML kita hanya bisa membuat sebuah web yang sangat sederhana, kurus dan tidak cantik. Hal ini dipastikan kurang menarik untuk pengguna. Oleh karena itu HTML membutuhkan CSS dan javascript agar tampilannya lebih menarik dan smooth.

CSS (Cascading Style Sheets)

Tahukah kamu? CSS ini digunakan untuk melengkapi HTML, bagaikan kopi tanpa gula, pahit kawan. CSS digunakan untuk mempercantik tampilan halaman HTML dengan cara menentukan posisi tiap elemen, memberikan warna agar eye cathing, menyesuaikan tampilan dengan layar yang digunakan pengguna, dan lain sebagainya.

JavaScript

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman yang satu ini. JavaScript ini berfungsi dengan baik disemua browser dan bisa bekerja pada program yang bukan berbasis web. JavaScript ini juga sudah support dengan Object dan Functional Oriented Programming dan bisa membuat Web, App, atau Game yang bisa terlihat lebih keren.

PHP (PHP Hypertext Preprocessor)

Eits jangan salah, PHP ini bukan Pemberi Harapan Palsu ya, melainkan Bahasa Pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1994. Banyak sekali web besar yang menggunakan bahasa pemrograman ini, seperti facebook dan Wikipedia yang menggunakan PHP sebagai dasar bahasa pemrogramannya. Maka dari itu, PHP ini sudah tidak asing lagi di kalangan Web Developer.

SQL (Structured Query Language)

Structured Query Language yang biasa disebut dengan SQL adalah Bahasa pemrograman database yang digunakan untuk menyimpan data (create), mengubah atau manupulasi data (update), membaca data (read), dan menghapus data (detele). Jadi, web yang akan kita buat akan bersifat dinamis, perubahan konten maupun data akan mudah dilakukan dengan adanya Bahasa pemrograman SQL ini.

Phyton

Bahasa pemrograman yang satu ini sangat mudah untuk digunakan karena bersifat dinamis. Walaupun terkenal dengan bahasa program Back-end, Python ini juga bisa kamu terapkan di Front-end. Dengan design yang mudah dipelajari, Python ini menjadi langganan para Developer di semua area industri.

Itulah beberapa diantara bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh web developer untuk membangun sebuah website. Dengan begitu, kamu bisa belajar lebih dalam lagi jika kamu ingin menjadi seorang Web Developer. Menurut kamu apa lagi sih Bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk menjadi Web Developer ? Tulis dikomentar ya !

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Pemrograman yang Sering Digunakan Oleh Web Developer"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel